VIDEO Senam Ibu Hamil Mempermudah Persalinan Mengurangi Rasa Pegal


Bagi wanita yang sedang mengandung berolahraga bukanlah menjadi suatu pantangan yang harus dihindar ketika mengandung calon buah hati Anda. Justru dengan berolahraga dikala hamil dapat meningkatan stamina yang berguna bagi tubuh maupun kelak disaat proses persalinan.
Namun perlu diingat intensitas olahraga antara sebelum mengandung dan saat mengandung berbeda. Disaat hamil hindari olahraga yang menguras tenaga yang banyak. Selain itu faktor dehidrasi menjadi ancaman bagi ibu hamil.
Agar tetap bugar dan tidak beresiko saat kehamilan salah satu olahraga yang tepat adalah senam . Eitss, bukan senam yang sering dilakukan di lapangan luas dengan gerakan kesana kemari lho ya. Senam ini adalah senam khusus bagi ibu hamil.
Olaharaga ini tidak membutuhkan banyak gerkan, waktu, dan tempat. Dengan bermodalkan matras saja Anda bisa melakukan senam hamil tersebut. Keuntungan dari senam ibu hamil ini menurut instruktur senam hamil Lovely Maternal Care Ely Yanri dapat mengurangi rasa nyeri yang ada di sekitar leher, punggung, area tulang belakang, nyeri perut bagian bawah sekitar paha bagian dalam, tulang ekor, kram2 pada betis

Lalu manfaat lain dari senam hamil ini adalah dapat melatih otot2 panggul,dan otot perineum (sekat antara vagina dengan dubur/anus) agar tidak kaku, dimana otot ini akan melakukan peregangan disaat proses persalinan. selain itu salah satu keunggulan dari senam hamil yang di terapkan di LMC adalah tekhnik pernafasannya. Karena pernafasan memegang peranan penting dalam proses persalinan.
Dalam melakukan senam hamil ini tekhnik Pertama yang harus dilakukan adalah pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya agar otot tubuh tidak kaget saat olahraga sehingga mengakibatkan keram di bagian tubuh tertentu.
Setelah itu mulailah beberapa gerakan relaksasi seperti duduk sempurna, gerakan berbaring di atas matras, dan beberapa gerakan senam lainnya. Biasanya senam hamil ini dilakukan diatas matras yang empuk, namun lmc selalu menggunakan matras tipis guna membantu memberi rasa nyaman pada tulang ekor sehingga akan terasa seperti di pijat saat melakukan step by step gerakan, Saat melakukan senam sebaiknya bawa air putih juga.
Sebab otomatis gerakan senam ini juga membakar kalori dalam tubuh dengan pembuangannya melalui keringat. “Jangan lupa juga bawa air putih karena jika tidak tubuh akan dehidrasi,”namun lmc pun memberikan free air mineral untuk peserta senam hamil kata Ely.
Terakhir yang paling penting senam ini sebaiknya dilakukan di usia kehamilan 28 minggu. Tujuannya untuk mempersiapkan otot perut dan panggul agar saat usia kehamilan bertambah otot tersebut sudah siap meregang dan ibu hamil akan terbiasa tanpa rasa nyeri yang timbul berlebihan.
“Sebelum ikut senam sebaiknya cek dulu ke dokter kandungan apakah kondisi janin sehat, plasenta apakah letaknya normal atau tidak, bila kondisi sementara kontraksi di usia kehamilan kurang dari 36 minggu sebaiknya ditunda sampai ibu tidak kontraksi lagi. Namun bila kontraksi terjadi lebih dari 36 minggu disarankan untuk tetap melakukan senam hamil ini karena bila terjadi kontraksi justru lebih membantu proses pembukaan jalan lahir secara alami,” pungkas Ely